PEMASANGAN KABEL JARINGAN LEWAT BAWAH LAUT

 On Rabu, 30 April 2014  

Postingan ini saya buat karena saya pensaran dengan Jaringan Internet.Awalanya saya mengira bahwa jaringan internet di seluruh dunia terkoneksi dengan satelit. Setalah saya searching ternyata saya salah, jadi Jaringan internet di seluruh dunia menggunakan kabel lebig tepatnya "FIBER OPTIK" / serat fiber penggunaan  fiber banyak keuntungan ketimbang menggunakan  Radio Micro Wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Agan udah pada tau kan apa itu bandwidth?? Dan kenapa fiber optic memiliki bandwidth sangat besar?? Pelajarin sendiri aja yah, ane ngga fokusin ke situ. Simplenya bandwidth itu yang dijual ama TE*KOM Sapidi, gitu aja. Serius gan ngga pake satelit?? || Ngga juga sih gan.  Satelit tetep kepake gan untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana penggunaan kabel darat atau bawah laut tidak praktis atau tidak mungkin 


Gambar di bawah  ini merupakan kabel komunikasi bawah laut . Dengan panjang diameter 69 milimeter (2,7) inch, kabel ini mampu membawa 99% data-data internasional (internet, telepon dan data pribadi) yang menghubungkan semua benua di dunia, kecuali Antartika. 

Pada awalnya kabel komunikasi bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telegrafi. Generasi berikutnya, kabel bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telepon. Kabel modern yang telah menggunakan teknologi fiber optik digunakan untuk membawa data-data digital seperti telepon, internet dan data pribadi




1 - Polyethylene
2 - Mylar tape
3 - Stranded steel wires
4 - Aluminium water barrier
5 - Polycarbonate
6 - Copper or aluminium tube
7 - Petroleum jelly
8 - Optical fibers

PETA PEMASANGAN "KABEL FIBER OPTIK DI DASAR LAUT"





CARA PELETAKAN "KABEL FIBER OPTIK DI DASAR LAUT"



          Kapal ini adalah CS Innovator Cable, sebuah kapal yang dirancang khusus untuk meletakkan serat optik dan merupakan terbesar di dunia. Dibuat pada tahun 1995 oleh Kvaerner Masa, Finlandia. Kapal sepanjang 145 meter ini mampu membawa 8.500 ton kabel fiber optik. Kapal ini memiliki 80 kabin, yang mampu bertahan di laut selama 42 hari




Sebenarnya bagaimana cara memasang fiber optik di bawah laut. liat saja gambar gif di bawah ini.. kurang lebih begitulah cara pemasanganya.....




PEMASANGAN KABEL JARINGAN LEWAT BAWAH LAUT 4.5 5 Unknown Rabu, 30 April 2014 Postingan ini saya buat karena saya pensaran dengan Jaringan Internet.Awalanya saya mengira bahwa jaringan internet di seluruh dunia terk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Salah

Jurusan

Statistik

-

-

-

-

Halaman

Ads 468x60px

klik di sini untuk memasang iklan anda

foolow

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Featured Posts